Nama : Windi puspitasari
Kelas : 4KA08
Apa itu Tokobagus.com
Tokobagus.com adalah pusat jual beli online terbesar di Indonesia. Tempat untuk mencari barang baru dan bekas berkualitas seperti produk handphone murah, komputer, fashion, mobil bekas, motor, rumah dan properti, peralatan rumah tangga, aneka jasa dan juga lowongan kerja. Untuk para penjual, pasang iklan gratis adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Tokobagus. Iklan anda akan dilihat oleh ratusan ribu orang setiap harinya. Bertransaksi di Tokobagus, baik jual maupun beli tidak dikenakan biaya, semua disediakan gratis.
Sejarah Bisnis Online Tokobagus.com
Istilah “Bisnis Online” telah berubah
sejalan dengan waktu. Awalnya, bisnis online berarti pemanfaatan transaksi
komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti
pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.Kemudian dia berkembang
menjadi suatu aktivitas yang mempunya istilah yang lebih tepat “perdagangan
web” — pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web melalui server aman
(HTTPS), protokol server khusus yang menggunakan enkripsi untuk merahasiakan
data penting pelanggan. Tokobagus diluncurkan pada April 2005,
dengan media promosi melalui stasiun TV lokal, radio, majalah dan pembagian
stiker, dan setelah itu terus tumbuh “under the radar”. Tokobagus tidak
menganut sistem “release it and forget it”, melainkan terus melakukan perbaikan
demi meningkatkan kepuasan member pada khususnya dan pengguna pada umumnya. Di
belakang Tokobagus.com adalah PT Tokobagus, berkantor pusat di Denpasar, Bali.
Metode Pengembangan Bisnis Online Tokobagus.com
Dalam
banyak kasus, sebuah BISNIS ONLINE bisa bertahan tidak hanya mengandalkan
kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman
yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik,
jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa
faktor yang termasuk:
·
Menyediakan harga kompetitif.
·
Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
·
Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
·
Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
·
Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
·
Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain -
lain.
·
Mempermudah kegiatan perdagangan.
Perkembangan Bisnis Online Tokobagus.com
di Indonesia
Seiring Dengan Kemajuan IT di
Indonesia Perkembangan Dan Kebutuhan Website Meningkat tajam. Dari tahun ke
tahun banyak sekali Instansi, Perusahaan, Pemerintahan, Hotel maupun Usaha
Personal yang mulai melirik promosi lewat internet. Tak heran hal itu terjadi
karena website merupakan salah satu Kekuatan Brand Bagi dunia usaha. Website
Dapat Meningkatkan Nilai Penjualan dan Promosi tanpa harus mengeluarkan banyak
biaya. Jika dilihat dari tren perkembangan dunia usaha online di Indonesia juga
mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, tren Online Marketing mengalami tren
naik sangat tajam di Indonesia. Dari sekitar 1 Juta Blogger di tahun 2004
menjadi sekitar 50 juta Blogger di tahun 2010 (Sumber : www.alexa.com) dan akan
terus naik di tahun tahun selanjutanya karena semakin mudahnya akses internet
di Indonesia.
Contoh lain seperti Bisnis
Online Tokobagus.com, Tokobagus merupakan salah satu situs penyedia
layanan jual dan beli. Semua iklan yang ada di situs ini dibuat oleh
penggunanya sendiri, baik yang menjual maupun mencari barang. Tokobagus
didirikan pada tanggal 9 Juni 2005 oleh dua orang pemuda asal Belanda, Arnold
Sebastian Egg dan Remco Lupker. Tokobagus kini telah menjadi satu-satunya situs
jual beli online terbesar sekaligus terpopuler di Indonesia. Dengan jumlah
pengunjung yang mencapai 100.000 pengunjung setiap harinya, menjadikan
tokobagus sebagai situs penyedia layanan jual dan beli yang cukup dipercaya.
Analisa Tokobagus.com
a)
Desain Web TokoBagus.com
· Accessibility
Dari segi aspek Accessibility dalam
website tokobagus sudah cukup terpenuhi, karena website ini menyediakan versi
mobile. Sehingga para pengunjung yang ingin mengakses situs tokobagus dapat
dilakukan melalui handphone. Hanya saja website tokobagus tidak menyediakan
versi English bagi pengunjung mancanegara.
· Esthetically Pleasing
Penempatan menu sudah sangat baik.
Menu berada di bagian kanan atas, samping kiri dan bawah. Perpaduan warnanya
begitu bagus dan tidak terlalu berlebihan. sehingga kalau dilihat dari segi
estetika terlihat sangat elegan.
· Availability
Website tokobagus ini jika dilihat
dilihat dari segi aspek availability sudah terpenuhi. Hal ini dapat dilihat
dari tampilan utamanya yang menyediakan banyak menu, kolom pencarian dan
penggolongan objek berdasarkan kategori, sehingga lebih memudahkan pengunjung
untuk menemukan barang yang ingin dicari.
· Clarity
Website ini sudah cukup memenuhi criteria tersebut.
Contohnya terdapat pada setiap iklan yang dipasang di tokobagus memiliki
deskripsi tentang spesifikasi pada produk tersebut. Sehingga spesifikasi
produk-produk yang diposting di tokobagus dapat terlihat dengan jelas.
· Compatibility
Website ini sudah cukup compatible,
karena dapat dijalankan di berbagai browser. Dalam hal ini, saya mencoba di
Mozilla Firefox, Opera , Netscape Navigator, Safari dan Google Chrome. Di semua
web browser tersebut didapatkan tampilan yang tidak berbeda jauh hanya saja
kurang support di browser Netscape dan Opera.
· Configurability
Dari segi aspek
configurability website tokobagus bersifat semi dynamic, artinya user
dapat menentukan dan memodifikasi sendiri tentang iklan yang akan diposting,
tetapi tidak dapat melakukan konfigurasi penuh terhadap website tersebut.
· Consistency
Dilihat dari segi tampilannya,
website ini sangat konsisten. Terbukti dari design tampilan dan perpaduan warna
yang sama di hampir semua bagian menu. Kemudian penggunaan warna yang sesuai
dan proporsional serta tidak berlebihan.
· Control
Website tokobagus memiliki control
yang baik, semua tombol dapat berfungsi dengan baik tidak ada tombol yang tidak
berfungsi dan dapat digunakan dengan baik.
· Directness
Website tokobagus sudah memenuhi prinsip-prinsip directness.
Misalnya pada saat user telah terdaftar menjadi anggota tokobagus, user dapat
memiliki halaman pribadi didalam tokobagus yang disebut “tokosaya”.
· Efficiency
Saya rasa website tokobagus cukup
efisien. Contohnya seperti dalam penempatan menu yang ada di (kanan atas,kiri
dan bawah) sudah cukup proporsional sehingga lebih memudahkan pengguna untuk
merujuk ke menu tanpa harus menggeserkan scroolbar. Ditambah lagi semua
objek(produk) disusun berdarkan kategori sehingga memudahkan visitor dalam
pencarian objek.
· Familiarity
Prinsip familiarity sudah terpenuhi pada website tokobagus.
Contohnya seperti design logo tokobagus yang simple dan unik pada halaman
website tersebut membuat para visitor menjadi familiar.
· Flexibility
Prinsip flexibility sudah terpenuhi
pada website tokobagus. Contohnya seperti rancangan pada websitenya sudah
diatur dan disesuaikan untuk kemudahan para visitor, supaya para visitor
website tokobagus dapat melakukan transaksi dengan mudah jika berkunjung ke
situs tersebut.
· Forgiveness
Website ini sudah menerapkan prinsip forgiveness. Yaitu
dengan cara website tokobagus menyediakan kolom bantuan sehingga memudahkan
website tersebut dalam penaganan kesalahan.
· Immersion
Website tokobagus sudah mengandung prinsip immersion.
Dilihat dari tampilan awal pada saat pertama kali diakses, sudah langsung
menampilkan halaman untuk promosi produk, sehingga para visitor dapat langsung
melihat barang yang ingin dia beli.
· Obviousness
Website tokobagus sudah memunuhi
aspek obvious, karena para visitor dapat dengan mudah mengetahui dan memahami
apa yang akan dilakukan pada saat melihat tampilan di web tersebut.
· Operability
Selain website tokobagus dapat dioperasikan atau diakses
lewat PC maupun laptop dan website tokobagus juga menyediakan versi mobile bagi
para pengguna yang ingin mengakses lewat handphone.
· Perceptibility
website tokobagus telah memenuhi prinsip perceptibility. Hal
ini dikarenakan dengan melihat halaman website user akan cepat memahami dan
beradapatasi dengan website tersebut .
· Predictability
Saya rasa tokobagus telah menerapkan
aspek predictability, contohnya seperti website tokobagus telah memperhitungkan
secara matang dengan menyediakan fitur tokosaya yang diperuntukan untuk para
member yang ingin memasang iklan serta mendagangkan produk jualannya, sehingga
memudahkan dalam proses transaksi.
· Recovery
Website ini sudah dapat recovery bila terjadi kesalahan.
Misalnya saat User ingin login di tokobasgus bila belum mendaftar sebagai
member di website tersebut maka akan muncul validasi “Anda belum terdaftar”.
· Responsiveness
Website tokobagus memiliki respon
yang baik terhadap user, hampir semua tool dan tombol ketika di klik dapat
memberikan respon balik terhadap user.
· Safety
Dalam hal ini website tokobagus
sudah menerapkan prinsip safety yaitu dengan cara website menyediakan
ketentuan-ketentuan dan tips cara aman bertransaksi pada websitenya sehingga
memberikan pengetahuan dan keamanan tentang tata cara bertransaksi.
b) Analisa
Pengunjung Tokobagus.com
Tokobagus merupakan salah satu situs
penyedia layanan jual dan beli. Semua iklan yang ada di situs ini dibuat oleh
penggunanya sendiri, baik yang menjual maupun mencari barang. Tokobagus kini
telah menjadi satu-satunya situs jual beli online terbesar sekaligus terpopuler
di Indonesia. Tokobagus saat ini memiliki ratusan ribu member dan terus
mengalami peningkatan sebesar 20% setiap bulannya, baik itu dari segi jumlah
iklan maupun pengunjung.
c) Analisa
Content Tokobagus.com
Tokobagus benar-benar menjadikan
member (dan calon pembeli) sebagai raja, dan menyediakan Live Support yang akan
selalu siap menjawab segala pertanyaan berkenaan dengan penggunaan situs
Tokobagus.com juga pertanyaan non teknis yang lain, dan sebentar lagi juga akan
diluncurkan sebuah forum khusus yang bisa menjadi rujukan pengguna disaat Live
Support sedang offline.
Setiap member di Tokobagus juga
berpeluang menjadi Verified Member, dimana akan dikirimkan kode verifikasi ke
alamat rumah mereka yang harus mereka masukkan melalui profil mereka di
Tokobagus.com, sehingga menjamin transaksi yang lebih aman.
Tokobagus juga menyediakan statistik
iklan, sehingga pengguna bisa memantau iklan mana yang paling banyak
mendapatkan kunjungan, dan memperbaiki iklan yang belum maksimal.Tokobagus juga
sangat baik dalam SEO, sehingga setiap iklan akan memperoleh nilai plus di mata
mesin pencari (Google, Yahoo, Bing).
Setiap penjual di Tokobagus akan
memiliki toko sendiri, dengan subdomain yang mereka pilih (contoh:
peterkurniawan.tokobagus.com) yang bisa dikustomisasi logo dan themenya. Member
juga bisa menuliskan deskripsi mengenai toko mereka dan menulis aturan yang
berlaku di toko mereka.
Kesimpulan analisis website
tokobagus : Secara keseluruhan sudah bagus, sudah memenuhi kriteria, serta
dapat diakses dengan cepat. Hanya saja website tokobagus kurang support di
beberapa browser contohnya Netscape 8.1.3 xp dan Opera 8.54 xp.
Sumber :
e-commerce
in Indonesia.pdf (api.dailysocial.net/en/wp-content/eCommerce-in-Indonesia.pdf)
www.alexa.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar